Home » » Alamak, Lezatnya Durian Lampung!

Alamak, Lezatnya Durian Lampung!

Anda  penggemar durian dan tengah berkunjung ke Bandar Lampung? Arahkan sejenak perjalanan Anda ke sentra durian Sukadanaham, Bandar Lampung, maka kegemaran makan durian Anda akan terpuaskan.

WAHYU (13) dan ayahnya, Yusuf (39) menjual durian di warung mereka di pinggir jalan di kawasan sentra durian Sukadanaham, Bandar Lampung. Sang ayah memborong kebun durian seharga Rp7 juta yang terdiri kurang dari 50 batang pohon. Sang anak membantu ayahnya berdagang sebelum masuk sekolah siang di SMP 7 Bandar Lampung.

“Setiap hari saya membantu ayah berjualan sebelum pergi sekolah. Om mau beli durian berapa?,” tanya Wahyu kepada okezone, baru-baru ini.

Ketika harga transaksi disepakati Rp35 ribu untuk dua buah durian berukuran sedang, ia dengan cekatan mengiris kulit durian. Buah dari jenis durian tembaga yang sudah dikupas, tergolek di depan mata.

“Selain durian tembaga, kadang juga dapat durian susu. Kalau jenis tembaga, warna kulit buahnya kekuning-kuningan, sedangkan yang susu itu putih,” lanjut Wahyu.

Sang ayah, Yusuf, menimpali, “Musim durian di sini hanya sekali setahun. Lamanya sekira empat bulan antara Oktober sampai Februari. Kami sendiri baru dua hari jualan.”

Di sentra durian Sukadanaham, berjejer pedagang membuka warung di pinggir jalan. Rimbun kebun berisi pohon-pohon durian menaungi warung mereka.


“Tapi, jualan kami di sini hanya buka sampai pukul 6 sore. Malam nanti kami pindah jualan ke dekat UBL (Unversitas Bandar Lampung-red),” sambung Wahyu.

Durian yang dijuluki “queen of the fruit” bila datang musimnya, semarak diperdagangkan di kawasan Sukadanaham. Di simpang jalan masuknya dari arah pusat kota Bandar Lampung, terpancang tugu durian sebagai penanda kawasan sentra durian.

Tak terkira lezatnya buah berserat dengan warna daging kekuning-kuningan yang menyelimuti biji lonjong. Isi buah dalam satu buah durian ukuran sedang bervariasi di kisaran antara 10-15 biji. Soal rasa, durian asal Sukadanaham dijamin manis.

Bila Anda kebetulan melintas di Bandar Lampung, kota transit di ujung tenggara Pulau Sumatra, jangan lewatkan berkunjung ke kawasan Sukadanaham buat mencicipi buah durian. Lezatnya, alamak! (http://lifestyle.okezone.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Klik Dapet Duit
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Yang Khas dari Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger